Okebaik- Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus berpesan kepada warganya, agar  dapat menjaga keamanan dan ketertiban bersama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.

Baik jelang hingga saat lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi, pada Rabu 10 April 2024 mendatang.

Politisi Golkar Taliabu itu mengatakan, mendekati hari H lebaran nantinya, mobilitas mudik akan meningkat.

Karena banyak warga yang pulang kampung di Taliabu, dan ada juga dari Taliabu berangkat ke daerah asal masing-masing. Dengan beragam agenda mudik, seperti mudik tahunan, mudik hajatan pernikahan dan lain-lain.

“Berhubung mudik melibatkan orang banyak, maka harus hindari kegiatan yang berpotensi menganggu kamtibmas,” kata Aliong Mus, melalui Kepala Dinas Kominfo Taliabu, Basiludin La Besi, Jum’at (5/4/2024).

Dia memaparkan, gangguan kamtibmas yang dimaksud seperti pertikaian hingga menggunakan senjata tajam. Kemudian perkelahian antar kelompok, penggunaan knalpot brong, bunyi petasan, serta mabuk-mabukan bersumber dari minuman keras.

Dia bilang, Idul Fitri dimaknai sebagai sebagai hari kemenangan umat muslim yang telah berpuasa selama 1 bulan. Namun, perlu ditekankan kemenangan bukan berarti dirayakan dengan petasan/mercon atau sejenisnya.

Dengan demikian, semua pihak yang berwenang dapat bersama-sama memantau kondisi kamtibmas di lapangan.

“Mari sama-sama kita jaga daerah ini agar selalu aman, tentram dan damai dari segala bentuk kegiatan yang meresahkan masyarakat,” pintanya, mengakhiri. (sin)