Okebaik- Kota Ternate dengan tantangan geografis yang unik dan kebutuhan sosial yang beragam. begitu pula dengan dinamika sosialnya, Dinas Sosial Kota Ternate memegang peran krusial memastikan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi mereka sebagai Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), menuntut pelayanan publik yang prima, pelayanan publik bukan hanya sekadar tugas, melainkan cerminan dari kehadiran negara. Lantas, bagaimana Dinas Sosial Kota Ternate merumuskan strategi peningkatan kualitas pelayanan publik agar semakin efektif, transparan, dan berkeadilan
Pelayanan yang cepat, tepat, dan manusiawi adalah kunci untuk menjamin kesejahteraan masyarakat. Menyadari, tantangan pelayanan publik selalu ada, mulai dari informasi yang belum terpusat hingga alur yang panjang. Untuk mengatasi hal ini, Dinas Sosial Kota Ternate memiliki visi tegas: mengubah tantangan menjadi peluang melalui inovasi terstruktur demi kepuasan masyarakat.
Sehingga strategi inovatif dalam aksi perubahan yang digagas oleh Reformer Mohammad Irvan Gaus, S.IP. / NDH 36, Sekretaris pada Dinas Sosial Kota Ternate, dengan judul “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Sosial Kota Ternate” adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan publik di Dinas Sosial Kota Ternate.
Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator ( PKA ) Angkatan XVI di BPSDM Provinsi Maluku di Ambon telah dibuka sejak tanggal 21 Agustus 2025 dan akan berakhir pada 12 November 2025 nanti, Reformer yang saat ini sedang menyelesaikan tugas aktualisasi aksi perubahan ini telah mendapat dukungan dari Stakeholder seperti Wali Kota Ternate, Sekretaris Daerah Kota Ternate, beberapa OPD terkait lingkup Pemkot Ternate serta Kepala Sentra Wasana Bahagia Kementerian Sosial RI di Ternate, selanjutnya akan melaksanakan beberapa agenda lainnya seperti sosialisasi maupun bimbingan teknis.
Strategi peningkatan kualitas pelayanan kami bertumpu pada tiga pilar utama.
1: Pembentukan Klinik Pelayanan Publik
Kami mendirikan Klinik Pelayanan Publik. Klinik ini adalah pusat layanan terpadu dan konsultasi yang dirancang agar masyarakat merasa nyaman, mudah, dan mendapatkan solusi tuntas dalam satu tempat. Petugas kami siap menjadi ‘dokter’ yang mendiagnosis dan memberikan ‘resep’ pelayanan yang tepat.
2: Penetapan Standar Pelayanan Publik Minimal ( SPPM ) dan Standar Operasional Prosedur ( SOP ).
Kami menetapkan Standar Pelayanan Publik Minimal (SPPM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas. Dokumen ini memastikan bahwa setiap layanan memiliki tolak ukur yang baku, menjamin konsistensi, transparansi, dan akuntabilitas. Tak ada lagi layanan yang abu-abu.
3: Inovasi Digital – Pelayanan melalui Chatbot WhatsApp
Kami membawa pelayanan kegenggaman Pemerlu Layanan melalui Chatbot WhatsApp. Inovasi ini memungkinkan masyarakat mengakses informasi, mengajukan pertanyaan, bahkan memantau status permohonan, kapan saja dan di mana saja. Pelayanan publik kini secepat dan semudah chatting.
Kualitas pelayanan tidak dapat diukur tanpa suara dari masyarakat yang dilayani. Oleh karena itu, Transparansi dan Akuntabilitas menjadi penentu keberhasilan strategi ini.
Dinas Sosial Kota Ternate secara rutin mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Masyarakat kini bisa memberikan umpan balik dengan mudah, yaitu melalui tautan survei kepuasan, baik dengan scan barcode atau link yang ada di akhir Chatbot WA.
Mekanisme pengaduan juga disediakan dan dipermudah, memastikan setiap keluhan ditindaklanjuti secara cepat dan tuntas. Ini adalah perwujudan dari Maklumat Pelayanan, janji Dinas Sosial untuk memberikan layanan terbaik, sesuai standar waktu dan prosedur yang telah ditetapkan.
Implementasi strategi ini diharapkan memberikan dampak signifikan, layanan menjadi lebih efisien, waktu tunggu berkurang, dan yang terpenting, kepuasan masyarakat meningkat. Mari kita dukung terus upaya yang dilakukan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.
Dinas Sosial Kota Ternate siap melayani Anda dengan hati dan teknologi untuk Kesejahteraan bersama.
Kunjungi Klinik Pelayanan Publik kami atau hubungi kami melalui Chatbot WhatsApp 0821 5607 9797!
Tinggalkan Balasan