Okebaik- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), Rizal Marsaoly tidak henti-hentinya mengingatkan kepada ASN yang ada di lingkup Pemkot Ternate, agar terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan RM sapaan akrab Rizal Marsaoly saat memimpin apel pagi di kantor Dinas Pariwitas Kota Ternate, Selasa (20/02/2024). Ketegasan Rizal ini juga sebelumnya ia sampaikan saat memimpin apel bersama seluruh pegawai yang ada di Dinas PUPR, Senin (19/02/2024).

Menurut Rizal, kedisiplinan ASN dalam bekerja menjadi tolak ukur sejauh mana ASN mengerjakan tugas pokok dan fungsinya, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Yang terpenting, lanjut RM, ASN harus menjadi mata dan telinga pemerintah. Ini dimaksudkan, agar setiap problem yang ditemukan di lapangan harus egera ditindaklanjuti.

“Maksud saya adalah, kalau ada pegawai yang pigi kantor, lalu dalam perjalan ke kantor dia melihat ada tumpukan sampah yang berserakan, harus segera disampaikan. Jangan tunggu nanti masyarakat mengeluh di sosial media. Maksudnya jadi mata dan telinga bagi pemerintah yang seperti itu,” jelas Rizal.

“Atau saja pas di jalan mereka melihat ada jalan yang berluang atau pembangunan liar yang tidak sesuai peruntukannya, maka mereka lah yang menjadikan informasi itu untuk ditindaklanjuti atau di tangani,” lanjut Rizal.

Kalau ini berjalan dengan baik, maka kita tidak harus menunggu masyarakat menyampaikan permaslahan itu, baik di media massa atau media sosial lainnya. Semua masalah bisa diselesaikan dengan kolaborasi semua pihak.

“Misalnya pagi ada yang menemukan jalan berlubang di Kota Ternate, maka di pukul 12.00 WIT sudah harus ditampal menggunakan aspal kering. Tidak ada cerita dan tidak perlu menunggu lama-lama dan itu diiakan langsung oleh kadis PU,” ungkap Sekda. ***